INDAHNYA BAHASA ARAB PART 8

Jenis-jenis kata Lapar dalam Al qur’an & perbedaan dari masing-masing kata

١. اَلْجُوْعُ هُوَ خُلْوُ الْمَعْدَةِ مِنَ الطَّعَامِ

Al juu’u (lapar) artinya kosongnya perut dari makanan.

Seperti dalam firman Allah surat Quraisy ayat 4:

الذي أطعمهم من جوع وآمنهم من خوف

“Dialah Allah yang memberikan makanan kepada mereka ketika mereka sedang lapar(perut kosong) dan memberikan keamanan dari rasa takut”

٢. اَلْخَصَاصَةُ هِيَ جُوْعٌ يَسْتَمِرُّ لِعِدَّةِ أَسَابِيْعَ

Al khashoshoh artinya rasa lapar yang berkelanjutan sampai beberapa pekan (karena susah mendapatkan makanan)

Seperti dalam firman Allah surat Al hasyr ayat 9 :

وَالَّذِينَ تَبَوَّءُوا الدَّارَ وَالْإِيمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُونَ فِي صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِمَّا أُوتُوا وَيُؤْثِرُونَ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۚ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) ‘mencintai’ orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam lapar (susah mendapatkan makanan). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung”

٣. اَلْمَخْمَصَةُ هِيَ جُوْعٌ يَظْهَرُ مَعَهُ نَتَوَءَاتٌ وَتَغَيَّرَ فِي مَلَامِحِ الْوَجْهِ

Al makhmashoh artinya rasa lapar yang nampak bersamanya ada unsur terisolasi dan ada perubahan dalam raut wajah(rona kelaparan)

Seperti dalam firman Allah surat al maidah ayat 3 :

فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

٤. اَلْمَسْغَبَةُ هِيَ جُوْعٌ مَعَ إِغْمَاءٍ وَإِفَاقَةٍ وَإِعْيَاءٍ وَاخْتِصَارٍ

Al masghabah artinya rasa lapar yang disertai dengan pingsan,siuman dalam waktu singkat dan rasa letih

Seperti dalam firman Allah surat Al balad ayat 14:

أَوْ إِطْعَامٌ فِي يَوْمٍ ذِي مَسْغَبَةٍ

“Atau memberi makan pada hari kelaparan”

✅ Alangkah indah & kayanya bahasa arab,sebab itulah Allah memilih bahasa arab menjadi bahasa kalamNya (al qur’an)

✅ Sahabatku…jika engkau sudah mengetahui keagungan sastra bahasa arab yang termaktub dalam al qur’an,lantas atas dasar apa kiranya dikau tidak mau mempelajarinya?

✅ Sahabatku…bukankah engkau tahu bahwa Allah telah menurunkan Kitabnya dalam bahasa arab dan memilih RasulNya yang mulia dari bangsa arab? Lantas alasan apa yang kemudian membuat dirimu bermalas-malasan untuk mempelajarinya?

✅ Sahabatku…bukankah engkau tahu bahwa isi dari semua induk islam berbahasa arab,lantas entah apa yang merasukimu sehingga engkau ketika belajar bahasa arab sering terkena penyakit MUNTABER (Mundur Tanpa Berita)?

✅ Sahabatku…Bukankah telah datang kepadamu penjelasan bahwa semua ritual ibadah berisi do’a yang tertuang didalamnya do’a & dzikir berbahasa arab,entah apa gerangan yang kemudian membuat dirimu malas-malasan untuk mempelajarinya,toh juga pertemuan tidak setiap hari,hanya 1 pekan sekali dan itu juga hanya memakan waktu 1 jam sampai satu jam setengah lamanya…lantas apa yang membuatmu masih ogah-ogahan untuk datang ke majlis bahasa arab tersebut…

✅ Sahabatku…pepatah bijak mengatakan:

“Orang yang tidak merasa butuh dengan bahasa arab atau bermalas-malasan mempelajarinya,menandakan bahwa dia tidak serius untuk mempelajari agamanya”.

Baarokallahu fiikum

Cikarang,29 Desember 2019

Untaian Kata Cinta Yang Tulus dari Al faqiir

Abdullah El Matroed

(Founder & Penulis Buku Bahasa Arab Metode Rumuz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *