Benang Sutra Antara Bahasa Arab & Agama Islam

Segala puji hanya bagi Allah Robb semesta alam . Shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam , keluarga , para sahabat dan para pengikut beliau hingga akhir zaman nanti .

Bahasa arab adalah bahasa penghuni surga . Bahasa al qur’an dan bahasa hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  . Bahasa arab merupakan kunci untuk memahami dinul islam secara kaffah (universal) . Bahasa arab juga menjadi bahasa pengantar antara seorang hamba dengan Robbnya .

Kadangkala ketika membaca al qur’an kita tidak memahami arti dari ayat yang kita baca , sehingga menjadikan kita tidak bisa menikmati bacaan al qur’an tersebut . Salah satu yang bisa membantu kenikmatan dalam membaca al qur’an adalah dengan memahami artinya .

Banyak juga diantara kita yang mencoba mempelajari bahasa arab wa bil khusus membaca kitab gundul namun banyak yang kandas ditengah jalan , salah satu factor yang melatar belakanginya adalah minimnya pengetahuan dan penguasaan kosakata bahasa arab yang sering nongol didalam kitab gundul itu sendiri .

Cara paling efektif untuk menguasai kitab gundul baik dalam membaca dan menerjemahkannya dengan mengoleksi dan mengelompokkan kosakata yang sering muncul dalam kitab gundul sehingga mampu membantu secara cepat dalam memahami dan menerjemahkannya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *