Tips Belajar Bahasa Arab Ala El Matroed

Ikhlaskan niat hanya untuk Allah

Banyak orang yang belajar bahasa arab dengan niat karena ingin bekerja di arab jadi TKI atau TKW dengan gaji yang menggiurkan…atau ada yang niatnya belajar hanya sekedar keinginan saja biar bisa b.arab atau biar dikatakan hebat karena bisa b.arab…

Ketahuilah wahai saudaraku ,bila niat kita sudah salah saya jamin keistiqamahan kita dalam belajar juga tidak akan bertahan lama , dan tentunya kita akan mendapatkan kesulitan dalam mempelajarinya .

Oleh karena itu luruskan niat kita semua ..kita belajar b.arab tujuannya adalah untuk memahami al qur’an & sunnah secara kaffah ( universal ) , bukan yang lainnya…

Belajar bahasa arab itu bertahap /step by step dari materi yang paling dasar dan tidak terburu-buru

Salah satu hal yang menyebabkan kita sulit menguasai bahasa arab adalah karena kita tidak sabar dalam menjalani proses mempelajarinya . Banyak sekali diantara kita yang maunya langsung bisa dan langsung mahir bahasa arab tapi dia tidak sabar dalam menjalani prosesnya…waw amazing bro..belajar bahasa arab itu tidak seperti makan mie yang tinggal diseduh kemudian langsung disantap..

Kunci keberhasilan dalam menguasai bahasa arab adalah SABAR dan tidak terburu-buru ..Bukankah Allah menurunkan Al qur’an secara tadarruj ( bertahap ) dan tidak sekaligus ..salah satu hikmahnya supaya manusia bertahap dalam mengamalkannya …begitu juga halnya dengan belajar bahasa arab butuh kesabaran yang ekstra dalam mempelajarinya..

Santai aja bro …jalani prosesnya dengan sabar , insyaAllah pasti Allah akan memberikan kemudahan bagi kita ..Ingatlah bukankah terburu-buru itu datangnya dari syaithan..

اَلْاِسْتِعْجَالُ مِنَ الشَّيْطَانِ

“Terburu-buru itu datangnya dari syaithan”

Bahkan para ulama kita sudah menerapkan sebuah kaidah yang berkaitan dengan sikap terburu-buru

مَنِ اسْتَعْجَلَ شَيْئًا قَبْلَ أَوَانِهِ عُوْقِبَ بِحُرْمَانِهِ

“Barangsiapa yang terburu-buru dalam mendapatkan sesuatu maka ia dihukum untuk tidak mendapatkannya.”

Praktekkan ilmu yang telah dipelajari

Praktekkan ilmu yang sudah dipelajari karena itu sangat membantu dalam menjaganya ..Bila tidak memiliki partner untuk mempraktekkan materi yang sudah dipelajari maka praktekkanlah ia bersama buku dan pulpen..tulislah sebanyak-banyaknya contoh dari setiap rumuz yang telah diajarkan..bila memungkinkan jadikan al qur’an sebagai partner sejati dalam mempraktekkan rumuz-rumuz yang sudah difahami biar langsung mengena pada diri kita , bila itu kaitannya dengan hiwar ( percakapan ) cukuplah cermin sebagai partnermu untuk mempraktekkannya ,syukur-syukur bila antum bisa modifikasi suara antum sehingga bisa menambah semangat dan motivasi untuk menghafalnya..biarkan orang mengatakan antum sebagai orang gila karena berbicara dengan cermin ,toh kegilaan antum itu pada hal yang positif..so, keep spirit..

✏ Apa yang kubaca aku lupa

✏ Apa yang kudengar aku lupa

✏ Apa yang ku praktekkan pasti aku ingat selalu

✏ Apa yang aku ajarkan pasti akan selalu menempel dalam fikiranku

Ajarkan kepada orang lain

Cara paling efektif untuk memperlancar ataupun menguasai bahasa arab yaitu dengan mengajarkannya kepada orang lain , karena dengan mengajarkannya ilmu kita akan semakin bertambah ,dan daya ingat kita terhadap materi yang sudah dipelajari menjadi semakin kuat .

Alhamdulillah ini sudah saya praktekkan mulai dari tahun 2007 saya mengajar b.arab biidznillah ilmu yang saya dapatkan semenjak belajar dipondok sampai saat ini masih selalu menempel dengan erat di otak seperti perangko..Rahasianya karena ilmu yang saya dapatkan saya tularkan kepada orang lain..tidak melihat seberapa banyak jumlah murid yang diajar , 1 orang dengan 100 orang bagi saya sama saja ..sama-sama pahalanya besar insyaallah..

Bila tidak ada yang mau untuk antum ajari, jangan bersedih cukup tulislah ilmu yang akan antum ajarkan bisa dalam bentuk buku atau artikel di website atau blog atau mungkin antum share di medsos seperti Fb, IG,Path,Line, Twitter ,syukur-syukur antum bisa buat group WA belajar bahasa arab saya yakin ilmu yang antum bagikan ke orang lain akan menjadi investasi antum dunia akhirat..

Disinilah letak perbedaan harta dengan ilmu , ilmu semakin diajarkan kepada orang lain maka semakin bertambah..sebaliknya harta bila sering digunakan maka ia akan selalu berkurang atau bahkan habis..

Ingat bro ..mengajarkan ilmu kepada orang lain adalah investasi dunia akhirat ,investasi yang tidak
pernah terputus meskipun siempunya ilmu sudah berada dialam lain…enak toh dapat pahala jariyah yang Allah berikan kepada orang yang mengajarkan ilmunya kepada orang lain

Yang terakhir berdo’alah kepada Allah supaya diberikan kemudahan dalam mempelajari b.arab

Ingatlah usaha tanpa disertai do’a adalah sebuah kesombongan..

Yang membuat kita faham dan menguasai b.arab bukanlah murni usaha kita sendiri melainkan semuanya atas kehendak Allah..

Do’a agar dimudahkan dalam memahami bahasa arab

اَللهمَّ فَهِّمْنِي الْعَرَبِيَّةَ

“Ya Allah fahamkan diriku bahasa arab”

Selamat mencoba..

مَعَكُمُ النَّجَاحِ وَالسُّرُوْرِ

Good luck

Baarokallahu fiikum

Akhuukum fillah Al Faqiir

Abdullah El-Matroed

(Founder & Penulis Buku Metode Cepat Belajar Bahasa Arab Metode Rumuz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *